Desa Cipadang Kabupaten Pesawaran Terima Penghargaan Dari Gubernur Lampung

0 2

Pesawaran (Mi-Net) – Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Lampung.

Desa Cipadang menerima Penghargaan Terbaik 1 pelaksanaan terbaik Desa Siger (BebaS stuntInG pEduli anak dan Ramah perempuan) Provinsi Lampung tahun 2023 dalam kategori Perlindungan Anak.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal pada acara Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023 Provinsi Lampung di Balai Keratun Lt. III, Komplek Kantor Gubernur, Bandar Lampung, Rabu (13/12/2023).

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pesawaran Maisuri mengatakan Desa SIGER ini merupakan program berbasis kewilayahan yang mengkolaborasikan program dari pemerintah daerah, Tim Penggerak PKK dan organisasi masyarakat.

Ia menambahkan para Tim Penilai menilai Desa Cipadang layak di berikan predikat itu karena desa tersebut telah terbentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

“PATBM mempunyai 2 tugas utama pencegahan kekerasan terhadap anak dan respon cepat kasus kekerasan terhadap anak, Forum Anak Desa yg berperan sebagai 2P (Pelopor dan Pelapor),” sambungnya.

Selain itu sudah terbentuk juga kader SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak).

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap peringatan Hari Ibu Ke-95 menjadi momentum bagi kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun daerah Lampung.

Peringatan ini akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan dalam berkontribusi memajukan kehidupan bangsa.

‘Kehadiran perempuan dalam memajukan kehidupan bangsa adalah keniscayaan,” ujarnya.

Gubernur Arinal menyampaikan bahwa tema peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, “Perempuan Berdaya, Lampung Berjaya, Indonesia Maju”, tidak hanya sekadar rangkaian kata, tetapi juga mencerminkan semangat kebersamaan dan kekuatan perempuan sebagai agen perubahan dalam mewujudkan kemajuan di semua lapisan masyarakat, khususnya di Provinsi Lampung.

Lebih lanjut Ketua TP. PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menyampaikan dalam memperingati Hari Ibu Provinsi Lampung ke-95 Tahun 2023, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan.

” Kegiatan itu berupa Monitoring dan evaluasi pelaksanaan Desa SIGER (bebas StuntInG, pEduli anak dan ramah peRempuan) di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, “ucapnya.

Kemudian Donor Darah, lalu Ziarah dan Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan Provinsi Lampung dan Kegiatan Bakti Sosial Gerakan Siger (Saatnya Ikut berGErak untuk Rakyat yang membutuhkan) yaitu membagikan bahan masakan dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. (Red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.