Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana Hadiri Acara Sosialisasi Inovasi Daerah Tahun 2024

0 4

MEDIA INFORMASI NETWORK.COM (BANDAR LAMPUNG) – Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana hadiri acara sosialisasi Inovasi Daerah Kota Bandar Lampung 2024 dan Pembagian Piagam Penghargaan Inovasi 2023 di Gedung Semergou Pemkot Bandar Lampung, pada Rabu (22/05/2024).

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan tahunan dari Kemendagri kepada pemerintah daerah atas semangat dan keberhasilannya melakukan inovasi di bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan.

Pada ajang IGA 2023 Kota Bandar Lampung berhasil masuk 10 besar kota terinovatif, Bandar Lampung berada pada urutan ke-6 dari 98 kota yang ada di Indonesia dengan skor indeks 70.33 dengan predikat sangat inovatif.

A. Jumlah inovasi yang dikirim pemerintah Kota Bandar Lampung di tahun 2023 sebanyak 313 inovasi, tujuan pelaksanaan sosialisasi inovasi daerah ini adalah :

  1. Mensosialisasikan rencana inovasi daerah yang akan dilaksanakan dan dikembangkan oleh seluruh perangkat daerah (termasuk sekolah dan UPT) di Kota Bandar Lampung yang diselaraskan dengan RPJMD Kota Bandar Lampung
  2. Melakukan inventarisasi terhadap berbagai inovasi yang telah dilakukan dan akan di usulkan oleh OPD baik inovasi digital maupun non digital. Peserta sosialisasi inovasi daerah terdiri dari:1. Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para Camat. Lurah pemenang lomba inovasi Se-Kota Bandar Lampung.
  3. Kepala Puskesmas pemenang lomba inovasi se-kota Bandar Lampung.
  4. Kepala SLTPN pemenang lomba inovasi Se-kota Bandar Lampung, Bappeda Kota Bandar Lampung telah melakukan penilaian terhadap inovasi yang diinput OPD di tahun 2023 dan diberikan piagam penghargaan dengan 8 kategori pemenang sebagai berikut: a. Peraih IGA 2023:1. Dinas pendidikan dan kebudayaan dengan inovasi “si-pandu dan si-lajis” sistem informasi pelayanan administrasi terpadu (si-pandu) & sistem informasi jaringan inovasi sekolah (si-lajis); 2. puskesmas gedong air dengan inovasi “pilling” (pemeriksaan iva keliling).b. opd peraih score inovasi tertinggi: i. bpbd (score 111).

B. Dinas pendidikan dan kebudayaan (score 109) dan Dinas Pangan (score 109)iii. Dinas Perdagangan (score 108)c.OPEperaih total score inovasi tertinggi:i. bpbd (total score 871 dengan 8 inovasi)ii. disdukcapil (total score 617 dengan 6 inovasi)

III.
Dinas pertanian (total score 491 dengan 6 inovasi)d. opd penginput inovasi tercepat: inspektorate.

Kecamatan peraih total score inovasi tertinggi:i. kecamatan sukarame (total score 300 dengan 3 inovasi)ii. kecamatan kedaton (total score 180 dengan 2 inovasi)iii. kecamtan tanjung karang timur (total score 177 dengan 2 inovasi)

Kelurahan peraih total score inovasi tertinggi:i. kelurahan kotabaru (total score 204 dengan 2 inovasi)ii. kelurahan kebon jeruk (total score 192 dengan 2 inovasi)iii. kelurahan rajabasa raya (total score 183 dengan 2 inovasi)g. puskesmas peraih total score inovasi tertingg.

Puskesmas Way Halim (total score 601 dengan 6 inovasi)ii. Puskesmas Kupang Kota (total score 534 dengan 5 inovasi)iii. puskesmas kedaton (total score 528 dengan 5 inovasi) dan puskesmas Sukabumi (total score 528 dengan 5 inovasi)h. SLTP Negeri peraih total score inovasi tertinggi:i. SLTP Negeri 26 (total score 280 dengan 3 inovasi)ii. SLTP Negeri 34 (total score 272 dengan 3 inovasi)iii. SLTP Negeri 2 (total score 214 dengan 2 inovasi)

Walikota Bandar Lampung, bunda Eva, mengajak kepada seluruh perangkat daerah untuk menjalankan inovasi yang telah dihasilkan dengan penuh tanggung jawab dan berusaha menciptakan inovasi-inovasi baru.

” Dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat, dan memangkas jalur birokrasi serta meningkatkan layanan digital inovasi di lingkungan kerjanya masing-masing, “ucapnya.(Sur/Kwt).

Leave A Reply

Your email address will not be published.