Ciptakan Wartawan Kompeten dan Profesional, Ketum PPWI Gelar Diklat Dasar Jurnalistik

0 38

Jakarta (Mi-Net) – Dalam rangka menciptakan wartawan yang Profesional dan berkompeten, Ketua Umum (Ketum) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Wilson Lalengke, S. Pd menggelar Diklat Dasar Jurnalistik secara Daring melalui Google Meet, pada Sabtu (09/12/2023). 

Peserta yang hadir dalam Diklat ini merupakan anggota dan pengurus PPWI dari seluruh Indonesia, termasuk masyarakat umum. 

Wilson Lalengke dalam pemaparannya sebagai narasumber menyampaikan, bahwa pentingnya seorang wartawan dalam menulis berita harus mengandung unsur 5W dan 1H.

” Dasar dalam menulis berita itu harus ada unsur 5W+1H. Saya menyebutnya ini adalah belanja barang dalam menulis berita, artinya rumus 5W+1H ini wajib ada dalam menulis berita yangbyang baik dan benar menurut kaidah Jurnalistik, “ucapnya.

Lanjut Wilson Lalengke bahwa 5W+1H itu merupakan bahasa Inggris yaitu What, Who, When, Where, Why dan How. 

” What artinya apa, Who artinya siapa, When artinya kapan, Where artinya dimana, Why artinya mengapa dan How artinya bagaimana. Jadi seorang wartawan Profesional harus tahu tentang rumus 5W+1H ini, “imbuh Tokoh Pers yang getol dalam membela wartawan yang terdzolimi ini.

Sementara itu Suryanto, peserta yang berasal dari Provinsi Lampung, dirinya merasa senang dan bersemangat dengan materi yang disampaikan oleh Ketum PPWI Wilson Lalengke. 

” Terimakasih kepada Bapak Wilson Lalengke yang telah memberikan materi tentang penulisan berita yang benar, yang sesuai dengan kaidah Jurnalistik. Tentunya ilmu ini akan membawa perubahan kepada diri saya menjadi seorang wartawan yang profesional, ” katanya. 

Suryanto juga berharap agar Diklat tentang Jurnalistik ini rutin dilaksanakan, apalagi di zaman digital saat ini, pentingnya percepatan informasi bagi masyarakat luas. 

” Dengan percepatan informasi melalui internet, seorang wartawan dituntut menulis cepat (Quick News) dalam menulis berita akan tetapi yang sesuai kaidah Jurnalistik, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Ketum PPWI Bapak Wilson Lalengke, ” pungkas pria berjenggot ini. 

*Penulis : Suryanto*

Leave A Reply

Your email address will not be published.