Akibat Abrasi Laut, TPU Pekon Tengor Tanggamus Rusak, Warga Harapkan Dinas Terkait Bangun TPO

0 25

MEDIA INFORMASI NETWORK.COM – Akibat terkena abrasi berpuluh-puluh tahun, lokasi tanah Pemakaman Umum di Pekon (Desa) Tengor Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung rusak dan nyaris habis terkikis oleh ombak laut.

Berkaitan hal ini, masyarakat setempat berharap Dinas Terkait dapat membangun Tanggul Penangkis Ombak (TPO) di sekitaran tanah Tempat Pemakaman Umum (TPU) ini.

Hal ini disampaikan Sayumi, Kepala Pekon Tengor didampingi Bhabinkamtibmas setempat kepada MediaInformasiNetwork.com, saat menunjukkan lokasi Tempat Pemakaman Umum yang berada dibibir pantai, pada Senin (20/05/2024).

Dirinya mengatakan bahwa lokasi Pemakaman Umum ini merupakan tanah wakaf dari warganya sejak tahun 1960 an.

” Walaupun letaknya dipinggir pantai, TPU ini merupakan tanah marga yang statusnya adalah wakaf dari warga Pekon Tengor ini seluas lebih kurang seperempat hektar, dan saat ini kondisinya sudah mulai menyempit, akibat terkena abrasi ombak laut, “ucapnya.

Menurutnya karena ombak laut yang terus menghantam berpuluh-puluh tahun, sehingga mengakibatkan lokasi tanah pemakaman umum tersebut terkikis dan makin menyempit dari ukuran semula.

” Kami sebenarnya punya keinginan untuk membangun Tanggul Penangkis Ombak ini, akan tetapi kami tidak mampu karena keterbatasan anggaran. Untuk itu, kami sangat berharap kepada Dinas terkait untuk dapat membangunan tanggul penangkis ombak ini, ” imbuhnya.

” Sebab kalau bukan Dinas terkait yang membangun, siapa lagi, karena pembangunan tanggul penangkis ini membutuhkan anggaran yang sangat besar. Sekali lagi Kami mohon kepada pak Gubernur Lampung ataupun pak Bupati Tanggamus untuk dapat merealisasikan harapan kami warga Pekon Telngor yang berada jauh dari hiruk pikuk Kota ini, ” harap Sayumi diamini warga lainnya. (Rudi).

Leave A Reply

Your email address will not be published.