Mendekati Pilkakon Serentak 68 Pekon Kabupaten Tanggamus , Pemerintah Belum Memberikan Keputusan 

0 87
 
TANGGAMUS /Mediainformasinetwork.com  – Terkait jadwal Pelaksanaan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) yang akan digelar serentak bagi 68 Pekon, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus belum mengambil keputusan terkait hal tersebut.
 
Asisten I Bupati Tanggamus Fathurrahman mengatakan, untuk melaksanakan jadwal pelaksanaan pemilihan Kepala Pekon butuh persiapan dan melihat kondisi pemerintahan serta hal lainnya saat ini. Sehinga belum ada kesepakatan pelaksanaan pilkakon. 
 
“Sampai sekarang kami belum memutuskan jadwal pelaksanaan pilkakon serentak,” kata Fathur. Senin (24/05/2021).
 
Lanjut Fathur, berdasarkan jadwal memang pilkakon di 68 pekon dilaksanakan tahun ini. Sebab untuk penyelenggaraan pilkakon serentak ada aturannya, yakni dalam kurun waktu enam tahun hanya boleh ada tiga kali pilkakon serentak.
 
“Sekarang ini di Tanggamus tinggal yang terakhir atau ketiga dalam masa enam tahun itu. Jumlah pekonnya sekitar 68 pekon lagi yang kepala pekonnya habis masa jabatannya,” ujar Fathur.
 
Menurut Fathur, ada beberapa hal yang membuat jadwal pilkakon serentak tersebut belum dijadwalkan tahun ini. 
 
Pertama, belum ada regulasi yang mengatur pilkakon dilaksanakan tahun ini. Kedua, Pemkab Tanggamus sedang mengupayakan pemindahan tugas pelaksanaan pilkakon dari Bagian Tata Pemerintahan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.
 
“Di Lampung hanya Tanggamus yang penyelenggaraan pilkakon masih di Tapem, kabupaten lain sudah kewenangan Dinas PMD. Itu yang sedang kami lakukan tahun ini, berupa pemindahan organisasi dan nomenklaturnya,” terang Fathur.
 
Penyebab ketiga, belum bisanya pilkakon tahun ini karena tidak ada anggaran untuk penyelenggaraan pilkakon seretak. Sebab dalam APBD 2021 tidak dimasukkan anggaran penyelenggaraan pilkakon tahun ini.
 
Maka dengan kondisi tersebut secara pribadi beliau berpendapat jika pelaksanaan pilkakon digelar pada 2022. Sebab ada beberapa kepala pekon yang masa jabatannya sampai dengan akhir 2021. 
 
“Jadi kalau tahun ini sampai awal tahun depan ada jabatan Penjabat (Pj) Kakon saya rasa tidak apa-apa, nanti jadwal pasti pilkakon akan diputuskan bersama melalui rapat dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi terkait,” ucapnya Asisten I Fathurrahman. (Sis)
Leave A Reply

Your email address will not be published.