Pekon Kelungu Kecamatan Kota Agung Membangun Fasilitas Penyediaan Air Minum Aman Dan Pamsimas Di Dusun Sinar Lebak

0 56
 
KOTA AGUNG/Mediainformasinetwork.com – Pemerintah Pekon Kelungu Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus membangun fasilitas Program Penyediaan Air Minum Aman Dan Sanitasi Layak Berbasis Masyarakat (Pamsimas) diarea Dusun Sinar Lebak.
 
Pembangunan (Pamsimas) bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan masyarakat, memenuhi jumlah fasilitas kebutuhan air minum dan sanitasi layak bagi masyarakat berpendapatan rendah dan kurang terlayani di wilayah pedesaan. 
Program tersebut merupakan salah satu program nasional berbasis masyarakat dari Pemerintah Pusat, Daerah, hingga Pemerintah Desa / Pekon, yang dilaksanakan di wilayah pedesaan.
 
Diharapkan dengan adanya (Pamsimas) masyarakat dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) berbasis masyarakat.
 
Menurut Kepala Pekon (Kakon) Kelungu, Dulmanan mengatakan, bahwa terealisasinya kegiatan penyediaan fasilitas pengadaan Air Minum dan Sanitasi layak (Pamsimas) ini untuk yang kedua kalinya, ini merupakan bentuk keberhasilan dari program pertama yang sebelumya sudah berjalan di Tahun 2018.
 
“Alhamdulillah untuk Pekon Kelungu mendapatkan katagori berpestasi untuk tahun ini, yang dianggap berhasil dalam melaksanakan program penyediaan fasilitas pengadaan Air minum dan Sanitasi layak (Pamsimas) di tahun 2018,” ujar Dulmanan.
 
Lanjutnya, Dulmanan berharap, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun dan capayan yang didapat hasilnya bisa maksimal. Agar ditahun kedepan kembali kita dapatkan lagi program ini.
 
“Karna sarana fasilitas air bersih sangat dibutuhkan bagi warga yang berpenghasilan rendah dan kurang terlayani diwilayah pedesaan, agar meningkatkan penerapan hidup bersih dan sehat bagi warga,  seperti  yang menjadi harapan bagi warga pedukuhan Sinar Lebak dan Sinar Jaya Pekon Kelungu,” katanya.
 
Sementara Ketua Kelompok Masyarakat (KKM) Indra, menuturkan, tahapan pengerjaan Pamsimas ini sudah berjalan sekitar 10 hari, untuk kegiatan awal kita sedang membuat tempat penyaringan, jadi untuk semua kegiatan nantinya kita akan membuat imtek kemudian bak penampungan. Jadi dari Bak awal ke penyaringan, setelah itu kita salurkan ke bak penampungan.
 
Kemudian akan kembali kita salurkan ke bak penampungan yang akan kita bangun di kampung induk, kurang lebih ada sekitar 5 titik bak penampungan yang akan kita buat salah satunya di kampung induk.
 
“Saat ini baru dua aitem pembangunan yang sudah kita kerjakan, yaitu pembuatan bak awal di sumber mata air dan bak penyaringan”, terang Indra.
 
Di tempat yang sama, Ubay selaku Ketua Rukun Tetangga (RT) 04 mengucapkan banyak terimakasih  kepada Pemerintah, khususnya kepala Pekon kelungu yang sudah memperdulikan kepentingan warga dan mau menyerap apa yang menjadi keinginan warga. 
 
“Kami sangat mendukung dan merasa terbantu serta terlayani dengan adanya pembangunan Pamsimas ini, kami berharap kepada Pemerintah Daerah dan juga Pemerintah Pekon, agar kegiatan ini bisa terus berkelanjutan, supaya pedukuhan kami bisa mendapatkan program ini lagi dan nantinya dapat dibangun di tempat-tempat yang belum sempat dibangun, supaya masyarakat semua bisa merata mendapatkan air bersih,” pungkasnya.(Abiarsa/Sis)
Leave A Reply

Your email address will not be published.