MTQ Tingkat Kota Bandar Lampung Ke-53 Tahun 2024 Dibuka Oleh Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana

0 7

BANDAR LAMPUNG — Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana secara resmi membuka pelaksanaan perlombaan MTQ Ke 53 Tahun 2024, di lapangan Stadion Way Dadi Sukarame, Bandar Lampung, pada Senin (27/05/2024) malam.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana, Wakil Walikota Deddy Amarullah, Sekdakot yang juga Ketua LPTQ Kota Bandar Lampung Iwan Gunawan, Ketua DPRD Kota Bandar Lampung Hi. Wiyadi, Dandim 0410/Bdl, Kolonel ARH. Tan Kurniawan, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. Hi.Puji Raharjo, Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung Hi. Makmur, Kepala Pegadilan Negeri Bandar Lampung, Kepala Pengadilan Agama Bandar Lampung, Kepala Pimpinan Tinggi Pratama, Ketua Dharma Wanita Persatuan dan Kesatuan Kota Bandar Lampung, para staf ahli, para asisten, Forkopimda Kota Bandar Lampung, para Dewan Hakim Tim Juri perlombaan MTQ Ke 53 Tahun, serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua Pelaksana MTQ Ke 53 Tahun 2024, Sapto Hariyanto, SIP, yang juga Camat Kedaton, mengucapkan Syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat berkah dan nikmat yang begitu besar kepada kita semua terutama Iman nikmat Islam dan nikmat sehat.

” Sehingga pada malam hari ini kita semua masih dapat berkumpul dan bersilaturahmi di stadion mini Way Dadi Sukarame ini dalam rangka pelaksanaan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an MTQ ke 53 tingkat Kota Bandar Lampung tahun 2024,”ucapnya.

Pada kesempatan ini kami melaporkan hal yang berkaitan dengan kegiatan MTQ ke 53 tingkat Kota Bandar Lampung di Kecamatan Kedaton sebagai berikut tema MTQ ke 53 tahun 2024, tujuannya yaitu mewujudkan generasi muda Kota Bandar Lampung yang Cinta Alquran.

” Dasar penyelenggaraan keputusan Walikota Bandar Lampung nomor 399/I/05/2024 tanggal 27 Februari tahun 2024 Kecamatan Kedaton sebagai tempat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Ke 53 Tahun 2024, tingkat Kota Bandar Lampung tahun 2024,”imbuhnya.

Peserta dari 20 Kecamatan se kota Bandar Lampung sebanyak 421 orang official 231 orang dan pendamping sebanyak 4.254, Dewan Hakim juri, berasal dari kantor Kementerian Agama kota Bandar Lampung, Universitas Islam Lampung dan pimpinan pondok pesantren sebanyak 65 orang.

Waktu penyelenggaraan terhitung mulai tanggal 27 Mei 2024 — 30 Mei 2024, dan cabang yang dilombakan mimbar satu cabang tilawah golongan tartil anak-anak remaja dan dewasa bertempat di lapangan Way Dadi Sukarame mimbar dua cabang qiroatul Quran golongan qiroat Murottal.

Murottal dewasa qiraat mujawwad dewasa dan tilawah golongan tartil Alquran bertempat di masjid lailatul qadar jalan kiwi kelurahan sidodadi kedaton, mimbar tiga cabang Alquran golongan Tahfidz 1 juz dan Tilawah 5 juz dan Tilawah 10 juz dan Tilawah golongan cacat bertempat di Masjid Darussalam Kelurahan Sukamenanti, kecamatan kedaton golongan Tahfidz 30 juz dan Tafsir Alquran bertempat di Masjid Jami Taufiqurrahman Jalan Onta nomor 90 Kelurahan sukamenanti, lima cabang atau cerdas cermat bertempat di masjid babussalam Jalan teuku umar penengahan 6 cabang Syarhil Quran bertempat di Masjid Al Hikmah Jalan Gang Bukit Kelurahan penengahan Raya cabang Alquran bertempat di pondok pesantren al-hikmah Jalan Sultan Agung Gang Raden Saleh Raya. Imbuh Sapto

48 cabang makalah ilmiah Alquran bertempat di SMP al-azhar Jalan Mawar Nomor 43 Kedaton mimbar, ke-9 menghafal hadits bertempat di pondok pesantren al-hikmah Jalan Sultan Agung Gang Raden Saleh Raya Kedaton, biaya penyelenggaraan berasal dari APBD Kota Bandarlampung tahun 2024.

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Ke 53 Tahun 2024, tingkat Kota Bandarlampung tahun 2024, peserta dari 20 Kecamatan se kota Bandarlampung sebanyak 421 orang official 231 orang dan pendamping sebanyak 4.254 orang yang mana dewan Hakim berasal dari kantor Kementerian Agama kota Bandarlampung serta Universitas Islam Lampung dan pimpinan pondok pesantren sebanyak 65 orang, waktu penyelenggaraan terhitung mulai tanggal 27 mei 2024 sampai dengan 30 Mei 2024.

Ada Empat cabang yang dilombakan mimbar satu cabang tilawah golongan tartil anak-anak remaja dan dewasa bertempat di lapangan Way Dadi Sukarame mimbar dua cabang qiroatul Quran golongan qiroat Murottal.

Murottal dewasa qiraat mujawwad dewasa dan Tilawah golongan tartil Alquran bertempat di Masjid lailatul qadar Jalan Kiwi Kelurahan Sidodadi Kedaton mimbar, tiga cabang Alquran golongan Tahfidz 1 juz dan Tilawah 5 juz dan Tilawah 10 juz dan Tilawah golongan cacat bertempat di Masjid Darussalam Kelurahan Sukamantri Kecamatan Kedaton golongan Tahfidz 30 juz dan Tafsir Alquran bertempat di Masjid Jami Taufiqurrahman Jalan Onta nomor 90 Kelurahan sukamenanti lima cabang atau cerdas cermat bertempat di Masjid Babussalam Jalan Teuku Umar penengahan 6 cabang Syarhil Quran bertempat di Masjid Al Hikmah Jalan Gang Bukit Kelurahan penengahan Raya cabang Alquran bertempat di pondok pesantren al-hikmah Jalan Sultan Agung Gang Raden Saleh Raya.

Sebatas kemampuan dan kewenangan yang ada pada kami dengan harapan MTQ Ke 53 Tahun 2024 ini, dapat menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan umat agar senantiasa mempelajari dan memahami isi dan kandungan Alquran sebagai petunjuk serta pedoman dalam kehidupan pribadi bermasyarakat bernegara agar tercapai masyarakat beriman bertakwa dan religius, pada kesempatan yang baik ini saya mengajak kepada kita semua untuk Berbuat yang terbaik baik dalam kehidupan sosial maupun pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakat serta dalam menggiring pembangunan di Kota Bandar Lampung. Tegas Sapto

Dalam kesempatan kali ini kami masyarakat kecamatan Kedaton pada khususnya masyarakat kota Bandarlampung pada umumnya mengucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada Bunda Hj.Eva dwiana, Walikota Bandarlampung atas program-program terbaiknya seperti berobat gratis, ambulance mobil jenazah gratis, pendidikan gratis, beasiswa untuk SMA dan Pondok pesantren dan Universitas, bantuan bantuan di bidang keagamaan pembangunan infrastruktur, yang sangat membantu masyarakat dan kami berharap program dapat dilanjutkan. Jelas Sapto

Di kesempatan yang sama ketua LPTQ Provinsi Lampung, Drs. Qodratul Ikhwan, MM, dalam sambutannya melaporkan bahwa kami selaku ketua LPTQ Provinsi Lampung karena kegiatan MTQ ini merupakan salah satu sarana siarkan Alquran serta menjadi motivasi sendiri dalam membangun generasi yang Qurani.

Menumbuhkan Cinta Alquran Mari kita jadikan ini sebagai momentum yang sangat berharga bagi kita untuk mengambil pelajaran memperdalam pemahaman akan ajaran Alquran serta memperbaiki diri menuju ke arah yang lebih baik kedepannya.

Setiap muslim harus menjadi pribadi unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, ilmu pengetahuan merupakan identitas generasi Qurani dan kami berharap generasi muda muslim mempunyai identitas tersebut khususnya generasi muda Kota Bandarlampung,

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat kota Bandarlampung untuk selalu memperkuat Sinergi untuk kembali kepada nilai untuk kehidupan yang lebih baik”

Agar dapat menjadikan Alquran sebagai landasan dalam pembentukan mental yang berani para dewan Hakim para peserta dan panitia MTQ yang saya banggakan saya pesan agar para peserta MTQ tidak hanya mengejar kemenangan akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Alquran baik melalui jalur pendidikan.

Saya berharap nilai-nilai silaturrahim dan kebersamaan yang tercipta antara kabilah di arena MTQ ke 53 tahin 2024 ini, sebagaimana yang kita transaksikan yang tadinya pada saat akan mengalahkan semangat berlomba untuk menjadi juara mari kita jadikan ini, sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah islamiyah. Ujar Qodratul

Walikota Bandarlampung Hj. Eva Dwiana dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi perlombaan MTQ Ke 53 Tahun 2024, menyampaikan bahwa untuk lebih meningkatkan pemahaman dan kecintaan kita sebagai umat Islam kepada kitab suci Alquran sekaligus membangun habluminannas dalam hidup dan kehidupan masyarakat berbangsa dan beragama melalui Alquran Kota Bandarlampung.

Ini menjadi momentum untuk memperteguh
ukhuwah islamiyah ukhuwah Basyariyah ukhuwah Wathoniyah dan juga meningkatkan motivasi terhadap pemahaman isi kandungan dan nilai-nilai Alquran.

Musabaqah Tilawatil Quran MTQ Ke 53 Tahin 2024, tingkat Kota Bandarlampung ke 53 yang kita laksanakan bukan sekedar budaya seremonial agama saja, akan tetapi diharapkan menjadi sarana muhasabah dan juga murakkabah semua umat muslim dan juga muslimat dalam menjalankan ibadah sesuai dengan tuntunan Alquran dan hadistnya. Jelas Eva

Oleh karena itu hal ini menjadi penting dan strategis dalam berbagai macam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dan budaya juga berharap kepada kita semua yang hadir pada saat ini mari kita sama-sama kuatkan kerukunan umat beragama di Kota Bandarlampung.

Indikasi ini diberikan dengan sangat banyak ada pusat-pusat pendidikan Islam yang dibangun di Kota Bandarlampung, juga ada pesantren dan juga ada masjid kota MIN di setiap Kecamatan serta sekolah Tsanawiyah, Aliyah dan juga majelis taklim di kota Bandarlampung di berbagai Kelurahan, bahkan kultum di masjid dan Mushola yang dilakukan setiap harinya, menjadi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pengetahuan agama Islam.

“Pada kesempatan yang baik ini kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan lembaga pengembangan tilawatil Quran segenap panitia penyelenggara pihak yang mendukung terlaksananya MTQ ke 53 ini kepada Qori Dan Qoriah besar lomba MTQ ke 53 Tahun 2024, saya mengucapkan selamat berlomba Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan kemudahan dalam setiap usaha dan melangkah untuk kita melakukan segala sesuatu untuk kebaikan.”(Kwt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.