Bupati Pesawaran Turun Langsung Tinjau Banjir Di Kecamatan Padang Cermin dan Marga Punduh

0 14

Pesawaran – Akibat curah hujan lebat dengan durasi waktu yang cukup lama, menyebabkan terjadinya banjir di beberapa Desa di Kecamatan Padang Cermin dan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran

Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Jumat, 24 Mei 2024 sekitar pukul 22:00 wib, menyebabkan meluapnya sungai Way Punduh di Kecamatan Marga Punduh serta sungai Way Gayau dan Way Serdang di Kecamatan Padang Cermin, yang menyebabkan banjir merendam ratusan rumah warga, sekolah, dan fasilitas umum lainnya.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, selain sejumlah rumah dan fasilitas umum, banjir juga mengakibatkan satu rumah hanyut terbawa arus serta jembatan dan jalan terputus.

“Dari semalam Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pesawaran telah turun langsung memantau dan mengevakuasi para korban. Dan kami juga telah memberikan bantuan pangan, obat obatan serta akan mendirikan posko untuk memantau kesehatan masyarakat terdampak,” kata Dendi saat meninjau beberapa desa di Kecamatan Padang Cermin dan Marga Punduh yang terdampak banjir, Sabtu 25 Mei 2024.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah melakukan penanganan tanggap darurat bekerjasama dengan Brigif 4/Marinir BS meskipun markas Brigif 4 terkena dampak juga dari banjir tersebut.

“Kita juga nantinya akan melakukan normalisasi sungai, dibantu oleh Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung dengan menurunkan alat berat, kemudian dari PU Provinsi Lampung akan membantu normalisasi dengan bangunan-bangunan seperti Bronjong dan juga tanggul, selain itu ada juga bantuan pangan dan sembako dari BPBD provinsi,” ujar dia.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah pada aliran sungai, serta membersihkan gorong-gorong yang sudah tertutup oleh sampah.

“Kita juga melihat hulu air kita rusak karena adanya aktivitas-aktivitas penurunan daya dukung alam seperti penebangan pohon dan alih fungsi hutan,” jelasnya.

“Pada intinya kita harus mengantisipasi dan masyarakat harus terlibat langsung untuk menjaga pegunungan atau hutan kita untuk tetap lestari dan tidak di ganggu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” pungkasnya.

Diketahui, wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Padang Cermin

  • Desa Gayau :
    -1 unit sekolah SD Terdampak
    -90 rumah terdampak
  • Desa Durian :
    -108 Rumah Terdampak
  • Desa Sanggi
    -132 rumah terdampak
  • Desa Banjaran :
    -1 unit jembatan putus
    -10 rumah terdampak
  • Untuk Kecamatan Marga Punduh
  • Desa Suka Jaya Punduh
    -50 rumah terdampak
    -1 unit rumah hanyut
    -1 unit jembatan putus
    -1 unit jalan putus
  • Desa Tajur
    -35 rumah terdampak
Leave A Reply

Your email address will not be published.