Hasil Kerjasama Kominfo Pesawaran Dengan SMK Telkom Pringsewu Hasilkan Program Cyber

0 4

Pesawaran (MIN) – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfotiksan) Kabupaten Pesawaran berkerjasama dengan SMK Telkom Pringsewu, Lampung telah berhasil mengembangkan beberapa program cyber yang dinilai sangat bermanfaat bagi Pemkab Pesawaran.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfotiksan Kabupaten Pesawaran Jayadi Yasa diruang kerjanya pada Selasa (10/10/2023).

Jayadi mengatakan Dinas Kominfotiksan Pesawaran dan SMK Telkom Pringsewu Lampung berkolaborasi dengan tajuk Praktik Kerja Industri berhasil mengembangkan Web Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

“CSIRT adalah kelompok ahli yang menangani insiden keamanan komputer. Nama alternatif untuk grup tersebut termasuk tim tanggap darurat dunia maya, tim kesiapan darurat komputer, dan tim tanggap insiden keamanan komputer,” ungkap Jayadi.

Menurutnya masalah keamanan seringkali kurang mendapatkan perhatian bahkan kadang berada di urutan paling akhir dalam daftar hal-hal yang dianggap penting. Jika tidak menggangu performa sistem, maka masalah keamanan sistem seringkali tidak begitu diutamakan.

“Tim CSIRT akan bertanggung jawab penuh untuk memonitor dan mengelola berbagai isu-isu terkait dengan keamanan internet untuk menjaga aset informasi dan komunikasi dari seluruh unit-unit aktifitas organisasi,” imbuh Jayadi.

Jayadi melanjutkan, selain CSIRT yang merupakan sebuah web pencegahan dan penanggulangan masalah keamanan, dilakukan juga pengembangan Web Satu Data Pesawaran yaitu sebuah web memberikan layanan informasi tentang Kabupaten Pesawaran.

Lebih lanjut mantan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Pesawaran itu menambahkan kinerja siswa peserta Praktik Kerja Industri dari SMK Telkom memuaskan dengan terbantunya Dinas Kominfotiksan.

“Terutama pada bidang Sistem informasi dan statistik, dengan dihasilkannya karya / solusi aplikasi yang didalamnya siswa SMK Telkom Lampung terlibat langsung dalam tim pengembang aplikasi demikian,” imbuh Jayadi.

Ia pun menjelaskan CSIRT Kabupaten Pesawaran saat ini masih dalam tahap verifikasi kesiapan, yang ditargetkan tahun depan Bumi Andan Jejama masuk kedalam 32 Kab/Kota yang akan me – launching layanan CSIRT.

Sementara Kepala SMK Telkom Lampung Adang Wihanda didampingi Kaur Hubin-Sinergi Imam Suhendri, Kaprodi RPL dan Animasi Aji Sakti Kurniawan mengatakan kolaborasi yang dilakukan ini merupakan Praktik Kerja Industri dalam rangka dukungan Dinas Kominfotiksan Pesawaran mewadahi pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri.

“PKL dari SMK Telkom Lampung, yang dimulai pada 26 Juni sampai 21 september 2023 dengan jumlah peserta PKL sebanyak 22 orang siswa yang terdiri dari kompetensi Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi dan Animasi,” ucap Adang wihanda.

Ia berharap dengan kolaborasi ini, lulusan SMK Telkom Lampung mendapat pengalaman praktis yang berharga, meningkatkan keterampilan, meningkatkan kemandirian dan membantu mereka memasuki dunia kerja dengan kesiapan dan keyakinan yang diperlukan. (Red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.