HUT Pesawaran Ke-17, Bertabur Hadiah, Masyarakat Bisa Ikut Literasi Digital

0 53

PESAWARAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia akan menggelar acara Literasi Digital di Lapangan Pemkab Pesawaran, pada Jumat (19/07/24) malam.

Kegiatan tersebut, dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Pesawaran ke-17 tahun.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfotiksan) Kabupaten Pesawaran Jayadi Yasa mengatakan, pada acara tersebut akan bertabur hadiah dan dimeriahkan artis ibukota.

“Pada Literasi itu nanti, ada artis ibukota untuk memeriahkannya. Selain itu, ada banyak hadiah bertaburan dan juga semua berkesempatan mendapatkan grand prize berupa satu unit sepeda motor,” kata dia, Selasa 9 Juli 2024.

Dirinya mengajak masyarakat di seluruh Kabupaten Pesawaran untuk dapat menghadiri dan memeriahkannya acara tersebut.

“Ayo masyarakat di seluruh Kecamatan di Kabupaten Pesawaran, hadir dan ramaikan. Selain mendapat ilmu baru, juga berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik,” ujarnya.

Dirinya menerangkan bagaimana cara registrasi untuk mengikuti kegiatan tersebut yaitu dengan cara registrasi secara online di link : https://event.literasidigital.id/daftar/32290.

“Atau dapat registrasi secara offline yang dimulai pada pukul 16.00 WIB pada Jumat nanti,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan Program Literasi Digital Nasional ini merupakan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat pengguna ruang digital mencakup empat pilar pengetahuan tentang Budaya Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Cakap Bermedia Digital.

“Keempat pilar tersebut, akan membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai perilaku masyarakat pengguna ruang digital di dalam negeri. Khususnya, dalam upaya pemanfaatan secara positif ketika berselancar di dunia maya,” jelasnya.

“Sementara untuk diskusi luring (offline) berupa talk show bertajuk ”Bijak Berinteraksi Di Media Sosial” sengaja digelar untuk memberikan bekal literasi digital kepada warga masyarakat Pesawaran dan sekitarnya, terkhusus kalangan muda usia atau kelompok milenial,” timpalnya.

Dirinya mengatakan, Literasi Digital di Kementerian Kominfo RI ini berpotensi menjangkau 50 juta masyarakat pada akhir tahun 2024. Di mana, potensi ini akan menjadikan ruang digital dalam negeri semakin kondusif dan produktif.

“Pada setiap tahunnya, Kementerian Kominfo akan menargetkan sebanyak 12,4 juta pengguna ruang digital untuk mengikuti program ini. Dengan terpenuhi sejumlah angka di atas pada setiap tahunnya, maka diyakini angka target pada tahun 2024 akan dapat terwujud,” pungkasnya. (Red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.