Pesawaran Merupakan Salah Satu Tujuan Wisata Baik Lokal Maupun Luar Daerah

0 9

Pesawaran (MiN) – Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu tujuan wisata bagi wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Setiap tahunnya kunjungan wisatawan di Kabupaten Pesawaran meningkat seiring dengan bertambahnya destinasi wisata, baik wisata alam, bahari, budaya, sejarah maupun kuliner.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kabupaten Pesawaran, Chabrasman, ST saat menjadi Pembina pada Upacara mingguan di Lingkungan Pemkab Pesawaran, Senin (27/2/23).

Chabrasman melanjutkan bahwa Kabupaten Pesawaran memiliki 18 pantai, 39 pulau dan lebih dari 95 destinasi wisata. Dengan semboyan Bumi Wisata Sejuta Pesona, Pemerintah telah menetapkan 50 Desa Wisata atau One Village One Destination (OVOD).

Oleh karena itu Potensi destinasi wisata tersebut perlu dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

“Pariwisata diharapkan dapat menghasilkan manfaat ekonomi dan meningkatkan pendapatan daerah dengan cara membangun kolaborasi yang efektif antara pemanfaatan sumber daya yang ada, masyarakat dan pemerintah daerah melalui tata kelola destinasi wisata,” katanya.

Mulai tahun 2023, Dinas Pariwisata telah mengupayakan dukungan terhadap pendapatan asli daerah melalui aplikasi SAPDA (Sistem Aplikasi Pariwisata Daerah).

“Aplikasi ini dapat digunakan wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata untuk melakukan pembayaran menggunakan metode non tunai seperti gopay, dana, ovo, link aja atau QRIS, yang dapat dilihat secara realtime pada dashboard pariwisata di domain sapda.pesawarankab.go.id.,” imbuhnya.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga telah melakukan perjanjian Kerjasama dengan beberapa desa dalam hal ini untuk kunjungan wisatawan di desa seperti wisata air terjun, mangrove maupun wisata alam lainnya.

Ia mengharapkan dukungan dari berbagai elemen baik pemerintah daerah, provinsi maupun pusat, pihak swasta, masyarakat maupun pengusaha khususnya para pelaku usaha pariwisata untuk mewujudkan optimalisasi pendapatan daerah di Kabupaten Pesawaran.

“Dengan adanya dukungan dari semua pihak, niscaya peningkatan pembangunan di Kabupaten Pesawaran terutama sarana dan prasarana baik akses, infrastruktur, fasiilitas maupun investasi akan dapat terwujud,” pungkasnya. (Red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.