Was – Was Banjir! Masyarakat Pekon Kanyangan  Tanggamus Berharap Gubernur Lampung Segera Bangun Bronjong Permanen

0 126

Tanggamus (MINet) – Khawatir akan datangnya banjir yang akan menimpa wilayahnya disaat musim hujan datang, Masyarakat Pekon Kanyangan Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus berharap pemerintah Provinsi dan Kabupaten agar bisa membangun Bronjong tanggul secara permanen di lokasi Dusun Banding Baru Pekon Kanyangan. 

Hal ini disampaikan Syafei Kepala Pekon Kanyangan dikantonya, dirinya berharap kepada Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi untuk bisa meninjau dan membangun lokasi tanggul yang harus dibangun bronjong tersebut.

” Disaat musim hujan datang, air Way Belu selalu meluap, hal ini membuat kami masyarakat sekitar khawartir dan was was, tidak tenang, sebab sewaktu-waktu air bisa masuk ke Pemukiman penduduk, ” ungkapnya, Senin (04/12/2023). 

Syafei mengatakan apalagi saat ini menjelang Pemilu 2024, pasti semua orang akan sibuk dengan Pemilu. 

” Saya sampaikan kepada para Anggota Dewan yang terpilih di Dapil pada wilayah kami tahun 2019-2024 yang lalu, jika ingin terpilih kembali, mari bantu kami untuk mencarikan solusi bagaimana agar bisa membangun bronjong tanggul secara permanen, agar banjir bisa dicegah, dan kami juga siap untuk memilih wakil kami yang bisa memperjuangkan keinginan kami selaku masyarakat kecil ini, “harapnya.

Sementara itu tokoh masyarakat sekitar Atin Arman juga mengharapkan sekali agar pemerintah Propinsi dalam hal ini Gubernur Lampung untuk bisa secepatnya merealisasikan pembangunan Bronjong secara permanen dengan panjang sekitar  350 meter dengan tinggi sekitar 4 meter, agar bisa kokoh dan kuat. 

” Jadi bukan cuma di tanggul saja, karena kalau hanya di tanggul saja tanpa dibangun bronjong secara permanen, maka akan mudah terkikis oleh air kembali dan cepat jebol kembali, “ucapnya.

Lanjut Arman, bahwa sudah beberapa kali dari Badan Pencegahan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus melakukan normalisasi sungai dengan menanggul badan sungai. 

” Karena tanggul tersebut hanya berupa tanah, tanpa dibangunnya bronjong secara permanen, akhirnya tanggul jebol terus sebab tergerus oleh derasnya aliran sungai. Jadi kami mohon kepada Bapak Gubernur Lampung, Bapak Arinal Djunaidi untuk segera membangun bronjong permanen agar bencana alam segera dapat dicegah, “imbuh Arman dengan penuh harap. (Rudi). 

Leave A Reply

Your email address will not be published.