Mahasiswa UT Raih Juara Ajang Reels Challenge Modena Eco Week 2024

0 11

Oleh: Imam Pesuwaryantoro (Mahasiswa Universitas Terbuka Jakarta)

Baru baru ini 18 April 2018 saya mengikuti Pelaksanaan Lomba Reels Challenge Modena Eco Week 2024, hasil kolaborasi antara Modena Indonesia, Modena Energy dan Ecoxyztem. Dalam pengumuman secara resmi ada 2 pemenang utama yaitu saya sendiri Imam Pesuwaryantoro dan Saudara Reizha Ananda Setyara keluar sebagai kandidat Pemenang Utama.

Dalam kategori peserta lomba, yang dapat berpartisipasi meliputi individu, maupun komunitas. Format Lomba Reels Challenge Modena Eco Week 2024 ini dibebaskan sesuai dengan kreativitas, bisa berupa vlog, animasi, sampai potongan video dengan voice over.

Pada aspek penilaian pemenang lomba ditentukan berdasarkan kreativitas, cerita yang disampaikan, kualitas video dan audio serta dampak yang dihasilkan.

Saya sendiri selaku peserta sebagai kapasitas Mahasiswa UT Jakarta mengucapkan rasa syukur seluas-luasnya kepada Allah SWT, Keluarga, Dosen Pembimbing serta Mentor Komunitas Kreatif. Dimana telah ikut andil mendukung penuh secara moral dan lahir batin, dalam rangka upaya memberikan edukasi, serta inspirasi untuk melakukan aksi kecil dan berdampak besar. Terutama melalui inovasi yang bisa kita kerjakan pada skala rumah tangga.

Pada momen perlombaan Reels Challenge Modena Eco Week 2024 ini juga berdekatan pada momentum Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April 2024. Momen ini tentu menjadi pengingat serta tanggung jawab penuh bagi kita sebagai individu dan komunitas untuk terus melakukan aksi kecil. Yang mana secara konsisten dalam rangka menyelamatkan bumi pertiwi tercinta melalui program ekonomi sirkular salah satunya.

Bicara tentang Program Ekonomi Sirkular, saya selaku Mahasiswa UT Jakarta banyak sekali menelurkan gagasan inovasi dan kreativitasnya di bidang komunikasi. Selain itu juga riset inovasi diantara lain berupa Batako Puzzle Multifungsi, Media Aggregator, Eco Urban Farming, Pengelolaan Sampah Alat Peraga Kampanye Pasca Pilpres menjadi Upcycle Product.

Bahkan saya ikut andil sebagai Spokeperson PR & Communications di Platform ternama Waste Management seperti Plasticpay.

Sebagai anak muda yang lahir dari Keluarga Petani dan besar di lingkungan dekat dengan TPA Bantar Gebang, Kota Bekasi, tentu prestasi yang ditorehkan pada Perlombaan Reels Challenge Modena Eco Week 2024 ini, menjadi trigger dan semangat bagi kami untuk terus mengajak anak-anak muda tidak skeptis terhadap segala permasalahan bangsa.

Semua masalah yang ada, pasti ada solusi. Rumusnya “Do what you wanna do, Say what you wanna say.”

Terakhir, perjuangan ini tidak hanya sekedar mengikuti lomba dan menang lalu selesai. Melainkan, bagaimana konsistensi dalam menyampaikan konten edukasi lingkungan hidup, yang bisa dibawa dengan bahasa tongkrongan. Bahkan, dapat dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat luas.

Salam Sukses Saya Imam Pesuwaryantoro Warga Bekasi !!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.