Dinsos Tulang Bawang Gelar Kegiatan Atensi Bagi Penyandang Disabilitas

0 11

Tulang Bawang (MIN-SMSI) – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulang Bawang Lampung melakukan kegiatan Asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) bagi penyandang disabilitas sensorik (Tuna Netra, Tuna Rungu dan Tuna Wicara) serta Disabilitas fisik di Kecamatan Menggala Kabupaten setempat, pada Jum,at (25/02/2022) lalu.

” Adapun Kegiatan Dinas Sosial tersebut, melalui Bidang Rehabilitasi Sosial mendampingi pekerja sosial dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Wyata Guna (BRSPDSN) Kementerian Sosial RI, ” ujar Kepala Dinas Tulang Bawang I Nyoman Sutamawan, SE. MM.

” Dilakukannya kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang identitas, permasalahan, potensi, maupun kebutuhan disabilitas sebagai penerima layanan, agar didapatkan data yang tepat dalam perencanaan intervensi, ” imbuh Sutamawan.

Selanjutnya kata I Nyoman Sutamawan bahwa Acuan Asesmen menjadi pintu masuk dalam proses ATENSI dan dapat menunjang proses intervensi yang diberikan oleh Balai Wyata Guna.
 
” Rangkaian dari proses ATENSI tersebut terdiri dari penyesuaian data disabilitas di Kecamatan Menggala, engagement (kontak awal antara Pekerja Sosial dengan penerima layanan), asesmen awal sampai dengan asesmen komprehensif yang meliputi asesmen mental, asesmen vokasional, asesmen fisik, serta dilanjutkan dengan case management (proses integrasi dari tahap asesmen sampai dengan penarikan kesimpulan/hasil melalui komunikasi dan sarana yang tersedia secara efektif), ” kata I Nyoman.

” Dampak dari kegiatan Atensi ini, agar kedepan kegiatan ini menghasilkan tujuan yang tepat sasaran, ” pungkas I Nyoman. (Herli)

Leave A Reply

Your email address will not be published.