Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Bacakan Sambutan Menteri Agama RI

0 5

Pesawaran (MIN) – Bupati Pesawaran mengatakan santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan persaudaraan.

Demikian disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Pesawaran Tahun 2023 di Halaman Pondok Pesantren Modern Darul Ikrom Kecamatan Kedondong, Minggu (22/10/23).

“Tentunya, kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini, mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia,” ucap Bupati Dendi.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun selalu rutin diselenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda.

“Untuk tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri mengangkat Tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” yang memiliki makna mendalam,” ucap Dendi.

Untuk itu, orang nomor satu di Bumi Andan Jejama tersebut mengajak semua masyarakat Indonesia apapun latar belakangnya untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri.

“Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” imbuh Bupati yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung.

Dendi juga mengajak untuk merenungkan dan mengamalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari.

Ditambahkannya, perjuangan ini bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan dan semua bentuk ketidaksetaraan.

“Bersama- sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan,” tegas Dendi.

Ia berharap semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama dan bangsa.

Turut hadir juga Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Asisten Pemerintahan & Kesra Setdakab Pesawaran, Ketua TP. PKK Kabupaten Pesawaran, Para Ka. OPD, Para Camat dan para tamu undangan. (Red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.